Artikel Lain

SSP atau mitra merupakan salah satu asset yang terbesar bagi perusahaan. Oleh karena itu perusahaan selalu berusaha untuk melakukan langkah-langkah positif demi mempertahankan mitra-mitra terbaiknya. Salah satu langkahnya adalah dengan mengadakan training bagi setiap mitra yang ada.

Sebuah riset yang dilakukan oleh Aberdeen Group dan disponsori oleh SkillSoft Plc sebuah organisasi yang berbasis mengelola manusia sebagai aset perusahan, menemukan bahwa terdapat suatu kebutuhan akan training pada seluruh level organisasi demi menciptakan keterikatan yang dapat mendorong pencapaian kinerja serta kepuasan pelanggan.

Riset tersebut menemukan bahwa langkah utama yang harus dilakukan perusahaan demi mendorong level keterikatan adalah dengan meningkatkan skill leadership dari para leader, mitra dan staff perusahaan. Hal ini diperlukan supaya mereka dapat mengelola downline secara lebih baik.

Dua program yang terbukti penting dalam membangun keterikatan antara mitra dan perusahaan adalah lakukan training ketika calon SSP bergabung serta buat rencana pengembangan bagi mitra itu sendiri (development plan) agar terbentuk keselarasan dengan visi dan misi organisasi, sementara development plans memastikan keselarasan peran antara perusahaan dan mitra dalam mencapai kesuksesan organisasi.

Untuk meningkatkan level keterikatan antara mitra dan perusahaan, mengapa training sangat diperlukan? dan manfaat signifikan apa yang diberikan oleh training?

Training menjembatani antara kebutuhan dan ketersediaan skill. Sedangkan lingkungan akan selalu mengalami perubahan, oleh karena itu mitra juga harus dapat beradaptasi dengan perubahan. Adakalanya mitra dituntut untuk menguasai skill baru dan adakalanya mitra mengalami penurunan skill. Disinilah peran pentingnya training guna menjamin mitra agar memiliki skill yang dibutuhkan.

Dengan mempelajari skill yang baru maka mitra/ssp akan dapat memenuhi tuntutan pekerjaan dengan lebih baik. Adakalanya mitra menghadapi jenis tugas baru dalam suatu situasi dilapangan yang sangat membutuhkan skill tertentu. Namun Jika mitra tidak pernah mendapat pelatihan sebelumnya maka tugas itu mungkin akan menjadi beban buatnya dan dia akan bingung karena sebelumnya tidak pernah mendapat pembekalan skill. Namun jika mitra sudah memperoleh pelatihan sebagi pembekalan skill serta mempelajari knowledge baru yang dibutuhkan, maka tugas baru tersebut akan menjadi sesuatu yang menantang dan menarik untuknya.

Training juga sangat penting untuk pengembangan karir. MIsalnya training kepemimpinan, akan semakin dibutuhkanbagi mereka yang telah naik peringkat & mulai memiliki downline untuk dikelola. Karena bila mitra semakin mendaki posisi puncak maka semakin banyak pula skill yang dibutuhkan agar posisi kepemimpinan menjadi solid. Training juga bermanfaat guna meningkatkan motivasi mitra, karena dengan adanya training mitra dapat diingatkan kembali akan visi misi serta nilai-nilai dan tujuan dari perusahaan, mungkin yang awalnya para mitra sudah mulai lupa akan hal tersebut kini akan teringat dan terpacu kembali dengan adanya training.

Perusahaan selalu berusaha melakukan evalusi pengembangan & feed back sehubungan dengan materimateri training yang telah ada, maka dalam hal ini perusahaan telah menyediakan beberapa kombinasi training. Perusahaan juga tengah mengenalkan satu training tambahan yang disebut THM-1 (Total Health Management).

Pada training ini diharapkan agar calon mitra maupun mitra yang telah bergabung dapat lebih memahami secara comprehensive mengenai fungsi organ dan kesehatan yang berawal dari colon. Bahkan mereka diharapkan bukan sekedar termotivasi saja tetapi mereka teredukasi juga. Setelah itu mereka akan diarahkan untuk mengikuti training selanjutnya seperti NDO-1&2, LOP, BOSS, SOS, tentunya bagi mereka yang ingin mendalami bisnisnya. Namun bagi mereka yang ingin tahu dan mendalami tentang produk, perusahaanpun telah menyediakan beberapa macam training seperti LPT & KYP serta seminar kesehatan yang langsung dipandu para ahlinya.

Untuk informasi mengenai program training yang cocok bagi anda silahkan berkonsultasi dengan leader anda masing masing atau dengan staff marketing kantor. Demikian dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda...